Gerhana Bulan Terlama Terjadi Malam Ini, Jangan Lupa Salat Gerhana

[Bintang] Gerhana Bulan

Gerhana Bulan (Bambang E. Ros/bintang.com)

 Jakarta – Gerhana bulan total akan terjadi, Sabtu, 28 Juli dini hari nanti. Gerhana bulan total ini disebut istimewa karena berlangsung cukup lama dan menjadi gerhana dengan durasi terlama di abad ini.

Menyambut kedatangan fenomena alam langka ini, Nahdlatul Ulama (NU) mengimbau umat Islam untuk bersiap melaksanakan salat gerhana bulan.

Berdasarkan hasil hisab Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) Jombang, Jawa Timur, di awal hari Sabtu, 28 Juli 2018, akan terjadi gerhana bulan total mulai sekitar pukul 01:24:25 hingga pukul 05:19:03 WIB.

“Berdasarkan hasil hisab PC LFNU Jombang, Jawa Timur, gerhana bulan total akan terjadi pada hari Jumat malam Sabtu tanggal 15 Dzulqa’dah 1439 Hijriah atau 28 Juli 2018 mulai pukul 01:24:25 WIB sampai dengan pukul 05:19:03 WIB,” kata Ketua PC LFNU Jombang Moh Mujazun, dikutip dari laman nu.or.id, Jumat (27/7/2018).

Mujazun mengimbau segenap umat Islam khususnya warga NU di Jombang, untuk melakukan salat gerhana bulan secara berjemaah saat gerhana terjadi. Dia juga meminta para para Takmir Masjid untuk memobilisasi jemaahnya dan umat Islam pada umumnya.

Menurut pandangannya, gerhana bulan merupakan fenomena alam sebagai bukti kekuasaan Allah SWT dan mengamatinya akan menambah keimanan kepadanya.

Dan di daerah banda aceh BMKG Stasiun Mata Ie menyediakan satu teleskop di atas gedung TDMRC Ulee Lheue untuk menyaksikan gerhana.

Sementara itu, Kemenag Aceh menggelar pengamatan di halaman kantornya, yang tak jauh dari Balai Kota Banda Aceh. Di sana, ada delapan teleskop yang disiapkan dan bisa dipakai masyarakat umum.

Aceh menyiapkan delapan teleskop pengamatan di halaman kantor dan terbuka untuk masyarakat umum. Walau tengah malam, kami persilakan bagi warga yang ingin mengamati peristiwa langka tersebut,” kata Kepala Bagian Tata Usaha Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh Saifuddin.

 

Sumber : Liputan6.com & Detik.com

Putri Aurely

Staff admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *