Kamu Harus Tau Dampak Positif dan Negatif Minuman Keras

Dampak Positif dan Negatif Minuman Keras

Minuman keras? Udah pasti tau semua, maupun anak-anak atau dewasa pasti udah pernah dengar. Minuman keras yang kita tau sebagian besar adalah minuman yang berbahaya bagi kesehatan tubuh, namun bagi yang udah pernah mencoba minuman tersebut sampai mabuk pasti berpendapat berbalik 180 derajat.
Beberapa waktu lalu, gue sempat diajak minum bir dan arak sama teman-teman sekolah gue (anak-anak  sekolah zaman sekarang udah ‘gaul’). Karena gue masih termasuk anak yang ababil, tentu aja gue ingin  nyoba minuman keras tersebut, walaupun sedikit aja.
Setelah minum gue sempat berpikir apa dampaknya minum minuman keras. Jadinya gue search di internet tentang minuman keras, dan ternyata ada beberapa dampak positif dan negatif dari minuman keras bagi tubuh. Silahkan disimak info berikut:

Dampak positif
Minuman keras dapat memberikan manfaat jika diminum dalam dosis yang sesuai dan tidak berlebihan.

1. Wine
Dengan dosis segelas anggur per hari, Bagi para wanita, wine dapat menaikkan tingkat estrogen, yang memperlambat kerusakan tulang serta mengurangi resiko mati muda hingga 33%. Sedangkan bagi para pria, wine mampu mengurangi resiko terjadinya kanker prostat. Bagi tubuh kita, wine mampu menghadang penyakit terhadap tubuh kita, smeisal stroke, batu ginjal, jantung korener, diabetes dan kanker saluran pencernaan bagian atas. Wine juga dapat mencegah kolesterol, karena bisa membakar kalori yang dapat membentuk lemak

2. Beer
Bir umumnya dibuat dari gandum yang difermentasikan dan dapat mengurangi resiko penyakit jantung. Sedangkan bir beralkohol rendah dapat digunakan sebagai anti kanker bila diminum secara teratur. Satu setengah gelas bir per hari dapat meningkatkan sensitivitas insulin, mengurangi resiko diabetes dan batu ginjal. Selain itu protein di dalam bir mampu melindungi otak atau ancaman Alzheimer dan serangan kanker payudara pada wanita.

3. Vodka
Manfaat yang dimiliki vodka sebagian dapat mempercantik kulit wajah maupun kepala. Untuk mengecilkan pori-pori dapat membubuhkan vodka pada kapas dan cukup ditepuk-tepuk ke wajah. Sedangkan bagi anda yang berketombe dapat mencampur beberapa sloki vodka pada botol shampoo anda. Dan yang terakhir adalah untuk menghaluskan kaki dan tangan anda sebelum pedicure dan menicure, cukup campurkan vodka ke dalam air hangat dan rendam kaki anda.

4. Arak/Tuak
Minuman keras ini memiliki kadar alkohol yang cukup tinggi. Tuak berkhasiat menyehatkan badan karena mengandung efek menghangatkan tubuh.

Dampak Negatif
Efek negatif minuman keras apabila digunakan berlebihan.

1. Gangguan Mental Organik (GMO)
Gangguan ini akan mengakibatkan perubahan perilaku, seperti bertindak kasar, gampang marah sehingga memiliki masalah dalam lingkungan sekitar. Perubahan fisiologi seperti mata juling, muka merah dan jalan sempoyongan. Perubahan psikologi seperti susah konsentrasi, sering ngelantur dan gampang tersinggung.

2. Merusak Daya Ingat
Kecanduan minuman keras dapat nghambat perkembangan memori dan sel-sel otak.

3. Oedema Otak
Pembengkakan dan terbendunganya darah di jaringan otak. Sehingga mengakibatkan gangguan koordinasi dalam otak secara normal.

4. Sirosis Hati
Peradangan sel hati secara luas dan kematian sel dalam hati akibat terlalu banyak minum minuman keras.

5. Gangguan Jantung
Terlalu banyak minum minuman keras dapat membuat kerja jantung tidak berfungsi dengan baik.

6. Gastrinitis
Radang atau luka pada lambung. Ini biasanya diakibatkan gara2 muntah akibat mninuman keras, karena lambung harus memompa secara paksa keluar zat-zat adiktif yang beracun dalam tubuh.

7. Paranoid
Karena kecanduan, kadang2 peminum sering seperti merasa kepala dipukuli atau tidak tenang. Sehingga perilakunya menjadi lebih kasar terhadap orang di sekelilingnya.

8. Keracunan/Mabuk
Terlalu banyak minum minuman keras dapat menghilangkan kesadaran dirinya alias udah naik atau ngefly. Biasanya ini yang dibilang “enak” dari minuman keras. Kok bisa ya? Padahal udah jelas-jelas keracunan.

Info tambahan, gue juga sempat nemu syarat-syarat minum minuman keras
1. Meminum sesuai dosis yang ditentukan
2. Sudah cukup umur (21 tahun) 
3. Belilah minuman keras yang sudah berlabel departemen kesehatan, jangan yang oplosan

Bagi para remaja dan generasi penerus bangsa sebaiknya jangan minum minuman keras. Walaupun minuman keras ada manfaatnya, tapi lebih baik dihindari aja. Juga masih banyak makanan dan minuman lain yang lebih sehat dari minuman keras. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *