Anggota Baru di Kabinet Jokowi

banner grafis reshuffle kabinet Jokowi

banner grafis reshuffle kabinet Jokowi

 

Jakarta – Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan reshuffle kabinet untuk yang ketiga kalinya sejak menjabat, 2014 silam. Dalam perombakan kali ini, ada 4 anggota baru yang dilantik, Rabu 17 Januari 2017.

Salah satunya, Idrus Marham yang dilantik menjadi Menteri Sosial menggantikan Kofifah Indar Parawansa. Khofifah diganti karena akan mengikuti Pemilihan Gubernur Jawa Timur.

 

Pergantian menteri ini sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 10/P Tahun 2018 tentang pemberhentian Menteri Sosial Kabinet Kerja dan pengangkatan Menteri Sosial. Keputusan itu pun mulai berlaku sejak pelantikan.

Selengkapnya seputar reshuffle kabinet dapat dilihat dalam Infografis di bawah ini:

 

Diperkuat 2 Jenderal

Pelantikan di Istana

Idrus Marham sebagai Menteri Sosial, Jenderal (purn) Moeldoko sebagai Kepala Staf Presiden, Agum Gumelar sebagai Wantimpres dan Marsekal Madya Yuyu Sutisna sebagai Kepala Staf TNI AU saat di sumpah di Istana, Rabu (17/1). (Liputan6.com)

 

Selain Idrus Marham, kabinet baru Jokowi juga diperkuat 2 purnawirawan Jenderal TNI Angkatan Darat. Mereka adalah Jenderal TNI Purnawirawan Agum Gumelar dan Jenderal TNI Purnawirawan Moeldoko.

Agum bukanlah nama baru di kancah politik nasional. Dia pernah ikut berkontestasi di bursa calon wakil presiden mendampingi Hamzah Haz, 2004 silam.

Sementara Moeldoko merupakan Panglima TNI pada periode 2013-2015. Moeldoko juga tercatat sebagai Ketua Dewan Pembina di Partai Hanura.

 

Lantik KSAU Baru

Reshuffle Kabinet Jokowi

Marsekal Madya (Marsdya) Yuyu Sutisna bersiap menandatangani berita acara saat upacara pelantikan Kepala Staf TNI Angkatan Udara di Istana Negara, Jakarta, Rabu (17/1). Yuyu menjadi KSAU menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto (Liputan6.com/Pool/Randi)

 

Marsekal Madya (Marsdya) Yuyu Sutisna resmi menjadi Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU). Pelantikan Marsdya Yuyu dilaksanakan di Istana Negara bersamaan dengan pengangkatan 3 pejabat tinggi negara yang lain.

Pelantikan Yuyu diawali dengan lagu “Indonesia Raya” yang dilanjutkan dengan pembacaan Keputusan Presiden Nomor 2 TNI Tahun 2018 tentang pemberhentian KSAU dan pengangkatan KSAU baru.

 

 

 

Sumber: Liputan6.com

Penulis: Edmiraldo Nanda Nopan Siregar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *